Saturday, September 6, 2008

sus kering

sejak bikin puding roti kemarin, saya udah naksir berat pengin bikin sus kering.
soalnya kalo liat resepnya sih simpel dan gak ribed.
makanya dari kemarin udah minta tolong mbak darti dan mbak yanti untuk mbersihin oven dan loyang.

saya punya 2 resep kue sus kering. tapi kurang lebih sih sama.
yang saya pake pagi ini adalah resep dari buku primbon andelan saya...

buku ini adalah kado ulang tahun saya beberapa tahun yang lalu (fiko aja belum lahir deh...) dari teman saya yang baik hati. hihihi, saking seringnya dipake, ini buku sampe udah lecek dan lengket kena adonan kue sana-sini.

mulai nakar dan ngadon jam 10an pagi, setengah 1-an juga udah hampir kelar.
seperti biasa, bagian mbakar kue selalu saya 'anugerah'kan kepada pihak lain.
kali ini yang kebagian 'rejeki' manggang di oven di atas kompor adalah mbak darti :)
hihihi... biasa, dari dulu saya cuma demen ngadon, tapi males manggang. soalnya males nunggunya bo'.
kalo pake oven listrik sekalipun, bagian ngoven, ya bapak :)

dan inilah penampakannya...


dan ini resepnya (dari Kreasi Kue Kering, penulis: Sufi S.Y, penerbit: Gramedia)

bahan:
300 cc air
100 gr mentega/margarin
150 gr tepung terigu + 1/2 sdt soda kue
3 btr telur
1/2 sdt garam

cara membuat:

1) didihkan air dan mentega. setelah mentega cair semua, kecilkan apinya. masukkan tepung terigu dan garam, lalu aduk-aduk sampai tercampur rata.

2) angkat dari api. setelah adonan agak dingin, masukkan telur satu persatu sambil diaduk-aduk atau kocong dengan kecepatan rendah sampai adonan tercampur rata.

3) masukkan adonan ke dalam kantung plastik dengan spluit bintang/kembang polos. Semprotkan kecil-kecil di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Beri jarak antara satu dengan lainnya.

4) panggang dalam oven yang sudah dipanaskan lebih dahulu, selama kurang lebih 25 menit. kemudian kecilkan apinya. teruskan panggang lagi kira-kira 10 menit sampai matang dan kering. angkat, setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup rapat.

untuk kurang lebih 400 gr.

note: berhubung saya tidak punya spluit, jadi saya menggunakan plastik bening (plastik gula) yang digunting ujungnya. dan penampakannya not so bad-lah... iya kan?

selain dari resep diatas, resep sus kering juga bisa nyontek dari resepnya bunda inong.
psssttt... rahasia nih ya, saya ngefans banget sama dapur bunda inong, soalnya masakannya simple, gak ribed ama bumbu, tapi yahuuuud di lidah... nyam..nyam...
hihi... saya gitu lho, sampe sekarang juga nggak hapal dan mendadak amnesia kalo berurusan sama rempah dan bumbu dapur :)

No comments: